9 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada Secara Alami, Makan Pisang Bun

 Berita dari Fitri Andiani


Tidak nyaman memang rasanya ketika mengalami asam lambung naik ke dada. Ini bisa disebabkan oleh katup atau sfingter esofagus bagian bawah.

Katup-sfingter esofagus merupakan otot yang mengontrol saluran antara kerongkongan dan lambung. Ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. 

Istilah medis untuk proses ini adalah gastroesophageal reflux (GERD) atau aliran balik asam disebut refluks asam. Refluks asam dapat menyebabkan sakit tenggorokan, suara serak, dan bisa meninggalkan rasa tidak enak di mulut Bunda.

Itu bisa sama menyakitkannya dengan serangan jantung,” kata Paige Hastings, seorang praktisi sekaligus perawat bersertifikat di The Little Clinic di Nashville, Tenn, mengutip Everyday Health.

Jika tidak diobati, masalah ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, termasuk penyempitan atau penyumbatan kerongkongan, bisul, kanker, dan pneumonia. Jika tak punya obat di rumah, Bunda bisa mencari cara mengatasi asam lambung naik ke dada secara alami, sebagai ‘pertolongan pertama’.

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada

1. Makan secara perlahan

Saat perut sangat penuh, bisa terjadi lebih banyak refluks ke kerongkongan. Mengutip dari Harvard Publishing Health, Bunda dianjurkan makan dalam porsi kecil lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.

2. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Jalan-jalan setelah makan malam baik-baik saja tapi olahraga yang berat, terutama jika melibatkan membungkuk dapat mengirimkan asam ke kerongkongan Bunda.

3. Tidur miring

Idealnya, kepala Bunda harus enam hingga delapan inch lebih tinggi dari kaki. Kemudian tidur miring bisa membantu meredakan asam lambung.

Jangan mencoba membuat ganjalan kepala dengan menumpuk bantal. Mereka tidak akan memberikan dukungan sesuai yang Bunda butuhkan.

4. Konsumsi pisang

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikannya makanan yang cukup basa. Menurut Academy of Nutrition & Dietetics, ini berarti dapat membantu menangkal asam lambung yang mengiritasi kerongkongan Bunda.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pisang mentah kurang basa, banyak mengandung pati, dan sebenarnya dapat menjadi pemicu refluks asam bagi sebagian orang. Jadi pastikan memilih pisang yang sudah matang.

5. Berhenti merokok

Jika asam lambung naik ke dada setelah merokok, cobalah berhenti. Merokok mengurangi jumlah air liur yang dihasilkan mulut dan berdampak pada efektivitas katup dalam mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan.

Kemudian membuat mulas lebih mungkin terjadi. Berhenti merokok dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan refluks asam dan dalam beberapa kasus bahkan menghilangkannya.

6. Kelola stres

Stres kronis berdampak buruk, termasuk memperlambat pencernaan dan membuat Bunda lebih sensitif terhadap rasa sakit. Semakin lama makanan berada di perut, semakin besar kemungkinan asam lambung mengalami refluks.

Selain itu, memiliki kepekaan yang meningkat terhadap rasa sakit dapat membuat Bunda merasakan sensasi terbakar dari mulas yang intens. Mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stres dapat membantu mencegah atau meringankan efek refluks asam.

7. Konsumsi buah pereda maag

Beberapa buah dan sayuran tertentu berfungsi sebagai obat mulas alami. Bunda bisa mengonsumsi buah, seperti apel hingga berry.

“Apel, cranberry, dan kapulaga dapat membantu mulas. Berry merah kecil dan rempah-rempah harum memiliki sifat antibakteri yang dapat menurunkan risiko sakit maag yang disebabkan oleh bakteri H. pylori,” jelas David Grotto, selaku ahli diet.

8. Makan wortel dan kangkung

Masukkan wortel dan kangkung ke dalam daftar diet Bunda. Beta-karoten dan nutrisi lainnya dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak akibat asam lambung.

9. Longgarkan pakaian Bunda

Bunda dianjurkan menggunakan pakaian yang longgar untuk meringankan asam lambung. Ikat pinggang ketat dan pakaian yang menekan perut bisa memperburuk gejala.

Segera longgarkan pakaian saat asam lambung naik ke dada. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat terutama saat makan. 

Yuk segera atasi asam lambung naik ke dada agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius. 


Source: haibunda.com

Visit also: jus-informasi.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Shin Tae-yong Sedang Garap 2 Proyek Besar dari Erick Thohir, Tak Pernah Terpikir Tinggalkan Indonesia

Cara Licik Suami Bunuh Istri di Lampung Kelabui Polisi Selama 8 Tahun, Ganti KTP dan Mudakan Umur